Ujian Sekolah yang Miris

Nyontek

Hari ini merupakan hari pertama ujian semester di sekolah. Seperti biasa setiap yang namanya ujian apalagi di sekolah bukan sebuah rahasia umum kegiatan contek-contekan. Sejujurnya saya juga termasuk personil yang melakukan kegiatan itu sih.

Walaupun semua orang tahu baik itu bapak/ibu guru, anak sekolah, penjaga sekolah, samapi saya sendiri bahwa mencontek itu salah tetap saja kegiatan itu dilakukan. Dalam prakteknya banyak motif bisa dipilih seperti :

  1. Tanya teman seberang bangku
  2. Nyelipin buku di kolong meja
  3. Sms teman dimana pun dia berada
  4. Buat catatan tambahan
  5. Minta kertas jawaban teman ( melas mode ON )
  6. Kalau pusing langsung dah buku di atas meja ( nekat mode ON )
  7. Ambil kertas teman ( paksa mode ON ) dll.

Semua motif di atas tidak bisa dilakukan dengan baik tanpa bantuan guru yang kadang memang sengaja keluar dari ruangan tanpa alasan yang jelas. Baik sadar atau tidak, murid dan guru seperti sudah saling mengerti yang menjadikan kegiatan ini lumrah dilakukan.

Entah kenapa saya ingin bertanya " Apa benar saya generasi penerus bangsa ini ? ", " Apakah kelak kami bisa memimpin bangsa ini ? ", "Apakah hari-hari kami belajar yang diajarkan untuk berbuat jujur itu hanya sandiwara saja ? ".

Walaupun prinsip saya mengerjakan soal sebisa mungkin dan mencontek yang enggak bisa merupakan suatu yang salah. Tapi untuk sementar saya percaya itu merupakan jalan yang terbaik.

Akhir kata saya meminta ma'af jika ada salah karena kesempurnaan hanya milik Allah SWT dan kesalahan terjadi karena saya sendiri.

Diterbitkan Oleh Fuad Muhtaz »
Kategori » Home » Ujian Sekolah yang Miris » ,

ARTIKEL TERKAIT

Dari komentar menjadi inspirasi

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.