Belajar Melakukan Organize File

organize-file

Organize file atau biasa dikenal dengan manajemen file yaitu kegiatan mengatur atau memanajemen file agar tidak terjadi kekacauan pada saat kita mencari kembali file yang kita pernah simpan. Sebagai contoh saya mempunyai lagu linkin park lalu saya tempatkan file itu di folder arsip atau folder lain yang tidak ada kaitannya dengan music, mungkin pada saat itu tidak ada bedanya kita menaruh file itu di mana pun, karena toh masih ingat di mana saya harus mencarinya. Tapi jika sudah berbulan-bulan mungkin saya akan lupa di mana file itu disimpan, dengan percaya dirinya saya menggunakan fitur search untuk menemukan file mp3 itu. Masalah mungkin selesai tapi waktu terbuang karena menunggu proses pencarian tadi.

Anggaplah file mp3 itu tidak terlalu penting karena jika hilang bisa kita download lagi dari internet. Yang jadi masalah adalah jika file yang kita simpan itu adalah file penting seperti file-file tugas, laporan kantor, atau hal penting lainnya. Karena tidak jarang pula kita mengahpus folder yang tak jelas seperti new folder yang isinya campur semua sehingga kita hapus begitu saja.

Melakukan manajemen file bagi yang baru kenal mungkin berkata kurang kerjaan, atau jika kita melihat seseorang melakukan hal itu kita mengatakan dalam hati "kerajinan amat" malah terkadang kita ucapkan kata-kata itu. Disadari atau tidak melakukan manajemen file itu penting untuk dilakukan. Mengingat banyak keuntungan yang kita dapatkan dari kegiatan ini.

Tidak perlu kita terlalu pragmatik terhadap manajemen file ini secara berlebihan, lakukanlah dengan cara yang paling sederhana. Misalkan kita mempunyai banyak file yang bermacam-macam, kita bisa memulai dengan memisahkan dan menaruhnya ke dalam folder berdasarkan jenis file itu seperti lagu-lagu dalam folder mp3, file word dalam folder word, file film dalam folder movie dan lain-lain.

Nah jika sudah terbiasa akan muncul rasa ingin lebih dalam melakukan manajmenen file ini, mungkin sedikit sulit menemukan lagu keroncong dalam folser yang berisi ratusan atau bahkan ribuan lagu. Kita pisahkan lagi lagu-lagu itu berdasarkan genrenya sehingga lebih memudahkan lagi.

Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah untuk siapa manajemen file ini dilakukan, karena jika kita melakukan manajemen file pribadi dalam lingkup kerja di kantor akan terjadi kekacauan saat orang lain yang menggunakannya. Tidak menjadi masalah jika kita melakukan manajemen kantor untuk digunakan secara pribadi.

Diterbitkan Oleh Fuad Muhtaz »
Kategori » Home » Belajar Melakukan Organize File » ,

ARTIKEL TERKAIT

Dari komentar menjadi inspirasi

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.