Google : Peringati Eadweard Muybridge

Google Logo

Google doodle hari ini memperingati 182 tahun Eadweard J. Muybridge. Memang sudah tradisi google setiap ada hari penting atau kelahiran tokoh yang berpengaruh akan ia peringati dengan google doodle. Jika kamu mengunjungi google.com maka kamu akan melihat home page google yang berdeba dari biasanya. Seperti gambar berikut :

Doodle :  Eadweard Muybridge

Tapi siapa sih sebenernya Eadweard Muybridge, dan apa sih jasa-jasanya bagi dunia berikut ulasannya :

Eadweard J. Muybridge ( 9 April 1830 – 8 Mei 1904) adalah seorang fotografer Inggris keturunan Belanda yang menghabiskan sebagian besar hidupnya di Amerika Serikat. Dia dikenal karena karya rintisannya pada gerak hewan yang digunakan beberapa kamera untuk menangkap gerak, dan zoopraksiskop, sebuah perangkat untuk memproyeksikan gambar gerak melalui strip film fleksibel berlubang.


Warisan dari Eadweard Muybridge :
  1. Banyak urutan fotografi Muybridge telah diterbitkan sejak tahun 1950 sebagai buku referensi seniman. Animator kartun sering kali menggunakan foto Muybridge sebagai referensi ketika menggambar karakter mereka. Sejak tahun 1991, Mainan perusahaan Optical telah menerbitkan urutan Muybridge dalam bentuk film Flipbook.
  2. Pembuat film Thom Andersen membuat sebuah film dokumenter berjudul 1974 Eadweard Muybridge, Zoopraxographer, menggambarkan kehidupan dan pekerjaan.
  3. Opera komposer Philip Glass tahun 1982 The Photographer didasarkan pada percobaan pembunuhan Muybridge, dengan sebuah libretto termasuk teks dari transkrip pengadilan. Sebuah video musik promosi menampilkan kutipan dari opera mendramatisir pembunuhan dan percobaan, dan termasuk sejumlah besar gambar Muybridge.
  4. Sebuah drama Studies in Motion: The hauntings of Eadweard Muybridge memulai debut pada 2006, co-produksi antara Teater Electric Company Vancouver dan University of British Columbia Theatre. Sementara pencampuran fiksi dengan fakta, itu bercerita tentang obsesi Muybridge dengan katalogisasi gerak hewan. Produksi mulai tur pada tahun 2010.
  5. Pada tahun 2007, penyair Kanada Rob Winger menulis Muybridge's Horse: a poem in three phases, sebuah puisi panjang dinominasikan untuk Penghargaan Gubernur Jenderal untuk Sastra, Trillium Book Award untuk Puisi, dan Ottawa Book Award. Ini didokumentasikan hidupnya dan obsesi dengan gaya 'puitis-fotografi'. Ini memenangkan Penghargaan Sastra CBC untuk Puisi
  6. Pada tahun 1985, video musik untuk single Larry Gowan "(You're A) Strange Animal" jelas menampilkan animasi Rotoscope d dari pekerjaan Muybridge itu. Pada tahun 1986, urutan kuda berderap digunakan dalam latar belakang John Farnham musik video untuk lagu "Pressure Down". Pada tahun 1993, band rock U2 membuat video dari lagu mereka "Lemon" ke dalam penghargaan untuk teknik Muybridge itu. Pada tahun 2004, kelompok musik elektronik The Crystal Method membuat video musik untuk lagu mereka "Born Too Slow" yang didasarkan pada pekerjaan Muybridge, termasuk seorang lelaki berjalan di depan sebuah background grid.
  7. Kingston University di London, Inggris memiliki sebuah bangunan bernama sebagai pengakuan atas karya Muybridge sebagai salah satu fotografer Inggris yang paling berpengaruh.

Sumber : http://id.wikipedia.org <--2GYRRG23CUK8-->

Diterbitkan Oleh Fuad Muhtaz »
Kategori » Home » Google : Peringati Eadweard Muybridge » ,

ARTIKEL TERKAIT

Dari komentar menjadi inspirasi

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.